Sabtu, 13 Desember 2014

How to make a felt doll's eyes and lips

Salam...

Rinduuu sekali posting disini lagi...udah lama gak muncul. Tapi gak pa pa, karena kali ini saya hadir dengan free tutorial, yeiii ^^. Tutorial yang sederhana, tapi mudah-mudahan bermanfaat ya.

Masih tentang boneka (kreasi ini yang paling banyak saya kerjakan). Banyak pertanyaan datang dari teman-teman seputar membuat mata dan bibir boneka. Saya sendiri gak punya teknik khusus untuk membuat mata atau bibir boneka, tapi yang paling sering memang menggunakan sulaman. Bentuk mata atau bibir yg saya buat sangat bervariasai, karena disesuaikan dengan karakter boneka. Yang paling penting kita sering eksplorasi, cari ide dan mencoba. Kadang bentuk yang dibuat jadi terlihat aneh, tapi gak pa pa itu proses latihan, kita jadi bisa dan mahir karena latihan.

Jadi teman-teman ayo semangat berlatih. Kali ini saya coba sedikit berbagi cara membuat mata dan bibir boneka yang sederhana. Untuk pemula gampang sekali diikuti dan hasilnyapun cantik. Semoga bisa sedikit membantu :) Ayo simak tutorialnya, dan coba ikuti step-stepnya dengan semangat ya...semoga berhasiiiiiil... b^^d

Yuuk buat mata dan bibir bonekanya....

Sebagai bahan latihan kita akan membuat mata untuk boneka ini. Tentu aja yang pertama harus disiapkan adalah badan, setidaknya kepala boneka yang udah jadi seperti ini.

Kemudian siapkan potongan mata dengan menggunakan kain flanel.

Buat tanda titik pada wajah boneka, seperti di foto.


Pertama kita akan membuat lengkungan untuk mata boneka, tusukkan jarum dari belakang kepala boneka.
Menembus tanda titik diwajah, seperti ini.

Tarik benang dan tusukkan kembali dari depan ke belakang pada tanda titik dibawahnya.

Tarik kuat benang sehingga membentuk lengkungan pada wajah seperti ini.

Tutup jahitan di belakang kepala boneka.

Nah seperti inilah jadinya.

Tempelkan mata boneka dengan menggunakan lem, seperti ini.

Sekarang kita akan menyulam bulu mata lentiknya, tusukkan jarum dari belakang kepala dengan posisi seperti di foto.

Tarik benang dan tusukkan lagi dari depan dengan posisi seperti ini.

Begini jadinya, buat kembali bulu mata hingga sebanyak 3 helai.

Bulu mata selesai, buat juga untuk mata yang satu lagi ya.

Sekarang kita buat alis matanya, tusukkkan  jarum dari belakang seperti tadi.

Tarik benang dan tusukkan lagi jarum dari depan seperti ini.

Begitu seterusnya hingga membentuk alis mata.

Perhatikan posisi tusukan jarum.

Jadi deh, alis matanya.

Selanjutnya kita sulam bibirnya, buat titik-titik bantu seperti ini.

Tusukkan jarum dari arah belakang seperti ini

Tarik benang dan tusukkan lagi dari depan ke belakang.

Tarik benang tusukkan lagi dari belakang ke depan.

Tarik benang, tusukkan lagi dari depan ke belakang, begitu seterusnya sampai garis bibir terbentuk.

Bibirnya udah jadi :)

Begini penampakannya setelah finishing boneka, cute kan? :)
Sekian tutorialnya, mudah dipahamikan? kalau ada pertanyaan komen aja ya. 

Jangan lupa gabung dengan Happy Pelangi di facebookfanpage saya ya. Kalau berminat dengan kreasi saya boleh banget order, kalau pengen belajar berkreasi boleh order paket belajar dan paket pola kami, dan kalau butuh bahan berkreasi juga boleh order bahan dan alat ya.

sms/call: 087799177896/082166077962
pin bbm: 7583fc7e

Sampai jumpa di postingan berikutnya, love you all...my dear friends :)

3 komentar:

  1. Keren banget mbak.
    Jadi mau coba ah.
    Mumpung lagi liburan nih.

    BalasHapus
  2. Lucu banget.. Greget pengen ikutan bikin.. Makasih mba tutorialnya

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...