Jumat, 12 Juli 2013

Membuat Pola Sederhana Yuuukk... ^^

Salam

http://eemoticons.net


Apakabar teman-teman? semoga semua baik-baik aja ya amiiin.
Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, semoga puasanya lancar.

Setelah sekian lama gak posting, kali ini kita bahas tutorial lagi yuuukk. Biasanyakan tutorialnya tentang jahit-jahit flanel, sekarang kita bikin pola aja ya, soalnya banyak teman-teman yang bertanya tentang pola yang biasa saya gunakan untuk berkreasi, mudah-mudahan bisa sedikit membantu teman-teman khususnya yang pemula. http://eemoticons.net

Kalau ngomongin pola, sebenarnya sekarang ini udah gampang dapatnya, bisa dari ebook, cari di google juga bisa dapat banyak terus tinggal print dan pecah pola sendiri. Tapi gak semua orang punya printer dan banyak juga yang pengen bikin kreasi yang benar-benar original dengan pola buatan sendiri, berhubung gak semua orang pintar gambar di komputer, jadinya bikin pola secara manual bisa jadi pilihan yang bagus. (duuuuhhh bilang aja gak pintar gambar di komputer yen...tuuuhh ada buku panduannya tebel bener pelajarilah...masa dibiarin nganggur sekian lama...) http://eemoticons.net

Sebenarnya saya sendiri gak punya teknik khusus buat bikin pola, semua kayak menggambar biasa aja, tapi saya berharap kalau share cara saya bikin pola disini bisa sedikit memberi gambaran sederhana memulai berkreasi dengan menggambar dan membuat pola khususnya bagi teman-teman yang pemula dan pengen berkreasi sendiri. Kemampuan menggambar yang diperlukan juga sederhana aja, gak harus yang pintar-pintar amat gambarnya, yang penting bisa menggambar aja. http://eemoticons.net

Dari pada panjang lebar saya cerita, yuuukk lihat aja foto-fotonya. Mohon maaf kalau agak kurang jelas ya he he he. Silahkan dijadikan bahan belajar, tapi jangan copas foto-foto ini untuk tujuan komersil apapun ya. Kalau ada yang gak jelas terus pengen tanya silahkan dikomen postingan ini, begitupun kalau ada kritik dan saran silahkan dikomen, tapi tetap sopan ya.http://eemoticons.net Oya kalau teman-teman punya referensi bikin pola yang lebih bagus bisa share disini, supaya teman-teman yang lain dan saya sendiri juga bisa nambah lagi ilmunya he he he. 

Kalau mau tanya-tanya dan order seputar kreasi saya bisa sms 087799177896, chat di Line, id: yenihappypelangi, atau lewat emai:happypelangifeltcraft@gmail.com. Bisa juga follow twitter saya, add fb saya, atau like fb fanpage saya:Happy Pelangi Gallery and Shop 

Yuuuk mulai bikin pola, jangan ngantuk yaaaa....  http://eemoticons.net




Kita akan membuat pola kucing  2 dimensi ini, inspirasinya dari kucing jahil peliharaan saya, warna bulunya juga coklat-orange kayak begini, nakalnya minta ampun he he he ^^
Siapin dulu alat dan bahannya seperti kertas gambar, kertas tebal, kertas karbon, dan alat-alat tulis.
Sebelum menggambar pola saya selalu membuat garis-garis bantu terlebih dahulu. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran kreasi yang mau dibuat, kalau yg ini dimensinya 9x8,5cm. Yang perlu diingat kalau udah jadi ukuran kreasinya akan berkurang paling nggak 0,5cm karena udah diisi dakron, jadi jangan lupa perhitungkan pengurangan ukuran itu ya.
Terus kita mulai menggambar di dalam garis bantu yang udah dibuat tadi dengan pensil.
Berhubung ini gambar kucing jadi ada mata , dan sebagainya. Supaya letaknya bagus dan proporsional gunakan garis bantu seperti ini, ini berlaku untuk semua wajah, tapi sebenarnya bukan wajah aja, saya banyak pakai garis bantu buat mengambar yang lain-lain juga.
Tinggal digambar wajahnya.
Kita tambahin gambar burung diatas kepalanya yuuk biar kucingnya gak membosankan, disini saya juga pakai garis bantu untuk posisi burungnya.
Kemudian kita gambar bagian-bagian yang untuk potongan polanya, perhatikan garis putus-putusnya.
Setelah itu gambar kita buat permanen dengan tinta pulpen/spidol, jadinya seperti ini. Gambar ini jangan dibuang atau jangan sampai rusak, karena kita butuh saat nanti membuat kreasi jadinya sebagai alat acuan.
Gambar siap dicetak ke atas kertas tebal dengan memakai kertas karbon.
Saya biasanya mencetak gambarnya pake pulpen yang udah abis tintanya, bisa juga pakai tusukan tumpul lainnya, ini bertujuan agar gambar gak rusak/kotor saat dicetak.
Ini udah selesai dicetak, siap digunting.
Ini polanya udah jadi, oya kalau kira2 polanya bakal sering dipakai buat dengan jumlah lebih dari satu ya, karena kalau sering dipakai pola kertas lama-lama akan mengecil, jadi lebih baik siapain cadangannya utk jadi acuan supaya ukuran polanya gak berubah. Simpan pola ditempat khusus supaya jangan ilang, kotor, atau tertukar, kalau perlu masukin dalam kemasan plastik dan beri label, jadi kayak barang jualan he he he.
Ini contoh pola yang lebih sederhana, kedua sisi kiri dan kanannya sama.
Berhubung kedua sisinya sama, saya bikin pola rapinya setengah aja, selain untuk menghemat waktu, kita juga bisa bikin pola baru dari gambar yang sama.
Kayak yang tadi, cetak pola setengah ke atas kertas tebal.
Gini nih jadinya.
Pola siap digunting, lipat kertas tepat digarisnya ya.
Gunting seperti ini.
Udah jadi polanya.
Ini contoh kalau kita mau bikin pola baru dengan menggunakan gambar setengah tadi.
Cetak balik pola ke gambar tadi.Ini untuk acuan bikin gambar wajah kelinci yang setengah lagi dengan sedikit perubahan telinga dan matanya. Saya bikin dengan cara seperti ini/cetak balik pola, karena kalau saya bikin gambar model setengah begini, salah satu sisinya suka gak rapi/gak sama, malah kadang gak digambar he he he,.
Nah dari gambar tadi bisa dibuat gambar baru dengan variasi seperti ini, tinggal dibikin jadi pola lagi kayak tadi, jadi satu gambar bisa dapat dua pola ^^.

Sekian dulu ya teman-teman postingan saya, nanti kita lanjutkan lagi ya dipostingan berikutnya, semoga bermanfaat, maaf kalau ada salah-salah kata. Terimakasih banyak udah berkunjung, happy crafting and love you all. http://eemoticons.net

12 komentar:

  1. kereen mba...selalu memberikan inspirasi.makasih ya dah murah hati berbagi pola, smg sukses selalu ya mba :)

    BalasHapus
  2. makasih ilmu'y ... bisa dipake nih :)

    BalasHapus
  3. wah lucu dan bagus hasilnya , jadi harus bikin polanya dulu yah

    BalasHapus
  4. Wuiihh.. Keren kali mbak, salut buat mbak deh:)
    makasi ya mbak udah ngajarin cara buat polanya kebetulan di rumahku gak ada printer. Ku tunggu postingan mbak selanjutnya ya ^_^.

    I love flanel

    BalasHapus
  5. Makasih teman-teman udah baca postingan ini, selamat mencoba membuat pola ya, menurut sy membuat pola sendiri itu penting, walau prosesnya agak ribet tapi bisa menghasilkan karya yang lebih bagus, original, unik, dan terasa sekali sentutahan tangan dan style pembuatnya ^^

    BalasHapus
  6. Bundanya Naurella22 Januari 2014 20.35

    Aq jg sering bikin pola sendiri mb...
    Cm ga pake garis" gitu.
    Liat ini jd pengen diajarin bikin garis" bantunya.cr ngitung skala grs bantunya gmn mb,biar ngepas sm gambarnya?
    Iya klo buku ttg cr gbr pola dikomputer judulnya apa ya mb...
    Udah lama pengen nyari tp ga ngerti judulnya.sayang komputer dirumah cm nganggur....
    Makasih mb.

    BalasHapus
  7. MINTA POLA BONEKA HELLO KITTY DONG

    BalasHapus
  8. MINTA POLA BONEKA HELLO KITTYNYA DONG

    BalasHapus
  9. Sangat membantu...
    makasih ya...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...