Rabu, 13 Juni 2012

Mini Photo Frame Tutorial

Hi


http://www.emocutez.com Udah lama  gak posting tutorial, kali ini aku sempatkan bikin tutorial sederhana, cara membuat frame foto mungil dari kain flanel. Bisa untuk gantungan kunci, gant. mobil, gant. pintu, gant. tas, dlll. Buat temen-temen yang pengen coba caranya gampang kok, dan bahannya mudah didapat lagi. Langsung aja kita mulai yaaaa.....
http://www.emocutez.com

Alat dan perlengkapan yang diperlukan:
http://www.emocutez.com
-gunting, cutter,
-lem(lem tembak/uhu),
-pensil, penggaris,
- jarum jahit, jarum pentul,
-benang

Bahannya:
http://www.emocutez.com
-kain flanel,
-kertas karton/duplex,
-plastik kaca tebal, yang biasa buat alas meja,
-tali kancing/tali kur/sesuai selera,
-ring kecil,

Cara membuatnya:
Ikutin tahapan-tahapan berikut ini yaaa
http://www.emocutez.com

1. Sediakan semua alat dan bahan yang diperlukan, bentuk kain flanel dan kertas karton sesuai keinginan, ku pilih bentuk hati. Untuk bagian depan dan belakang beda, kalau bagian depan dibentuk dengan di beri lubang tempat foto ditengahnya, yang bagian belakang gak diberi lubang tapi buatlah ukurannya lebih kecil sedikit.
Kertas kartonnya dibuat dengan ukuran sedikit lebih kecil dari kain flanel untuk menyediakan sisi jahitan pinggirannya.
http://www.emocutez.com
 

2.Rekatkan flanel dan kertas karton untuk bagaian depan frame dengan menggunakan lem, seperti di bawah ini. Kertas karton tadi ditutupi oleh flanel di kedua sisinya. Lakukan dengan hati-hati agar gak belepotan hasilnya.
http://www.emocutez.com
a
b
c
d

3. Jahit dengan menggunakan tusuk feston seluruh pinggiran bagian depan frame tadi. Jahit dengan hati-hati supaya rapi, kalau suka warna benangnya bisa dibuat kontras dengan warna kain flanelnya, agar tampilannya lebih unik.
http://www.emocutez.com
a
b

4. Tempelkan plastik kaca, ke bagian depan frame dengan cara di jahit rapi, bisa juga langsung dilem, tapi hasilnya agak kurang rapi sih. Plastik ini berfungsi sebagai kaca fotonya. Plastiknya di bentuk hati juga, dengan ukuran yang disesuaikan seperti pada foto di bawah.
http://www.emocutez.com

a

b

5. Selanjutnya kerjakan bagian belakang/tutup framenya. Kertas karton di rekatkan dengan kain flanel, sekaligus talinya (gbr c). Sisi yang lainnya juga ditutup dengan kain flanel dengan warna berbeda yaitu pink muda. Oya berhubung nanti bagian tutup ini akan dijahitkan ke bagian depan frame tadi, maka agar flanel yang dijahit gak terlalu tebal dan perbedaan warnanya gak kelihatan, gunting sebagian pinggiran flanel pink muda seperti di foto (gbr e).
http://www.emocutez.com
a
b
c
d
e

6. Jahit pinggiran tutup frame sepanjang perkiraan agar kertas foto bisa masuk (gbr a). Kemudian lanjutkan jahitan dengan menyatukan bagian tutup dan bagian depan frame tadi, dimana jahitan plastik kacanya berada di bagian dalam frame (gbr d). Kunci jahitan pada saat telah sampai di awal jahitan tutup frame tadi, sehinnga tutup atas frame sebagian terbuka untuk tempat masuknya kertas foto.
http://www.emocutez.com
a
b
c
d
e

7. Nah jadi deh mini photo framenya. Bisa kamu bikin dalam berbagai bentuk sesuai selera. Kalau udah jadi begini tinggal ditambah hiasan dan bisa langsung dipakai untuk majangin foto cute kamu.
http://www.emocutez.com

"mini photo frame"

Itu dia tahapan-tahapan pembuatannya, semoga mudah dimengeri ya, dan selamat mencoba.http://www.emocutez.com Mudah-mudahan tutorial sederhana ini bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa "tidak boleh copas foto-fotonya untuk tujuan komersil",http://www.emocutez.com kalau ada yang gak ngerti silakan bertanya di kolom komentar ya.

http://www.emocutez.com
Sekian dulu untuk kali ini, sampai ketemu di postinganku selanjutnya. Terimakasih banyak, happy crafting. http://www.emocutez.com Love you all.http://www.emocutez.com

14 komentar:

  1. plastiknya ga robek kah mba kalo di jahit? yang di foto pakai plastik apa namanya? oh ya satu lagi. itu dijahit pake tusuk feston ya?

    BalasHapus
  2. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    nikmatilah hidupmu agar kamu tidak merasa bosan dalam setiap keadaan.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  3. Plastiknya gak robek kok mba, soalnya yang dipakai plastik tebal yang teksturnya agak ngaret, bisa dibeli di toko plastik yang biasa dipakai untuk alas meja, tapi yang tebal^^

    Salam sukses juga gan, tapi panggil saya sis/mba aja ya, makasih udah berkunjung^^

    BalasHapus
  4. izin copas ya mab, buat belajar. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba, asal jgn utk tujuan komersil, selamat mencoba ya ^^

      Hapus
  5. sis, gimana sih cara motong flanel serapih itu, apa pake alat kayak cuttle bug???

    BalasHapus
  6. makasih mba buat share ilmunya...salam kenal :) mba klo linknya sy copas di page saya apa boleh? tapi sourche awalnya saya sertakan kok :) Bunch Thanx....

    BalasHapus
  7. thank's for all,i love it,i love felt

    BalasHapus
  8. makasih kembali semoga bermanfaat ^^

    BalasHapus
  9. ahh aku suka banget blog ini, hasil karyanya rapi dan lucu".. makasih yaa udh berbagi..

    BalasHapus
  10. mkasih mba ilmunya, mau tanya kalau framenya yg bisa berdiri, belakangnya pakai apa y?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...