Selasa, 05 Juni 2012

Bando Flanel Season 3

Hi semuaaaa http://www.emocutez.com


Judul postinganku kali ini bando flanel, ini udah yang ketiga kali lho, jadi kayak sinetron stripping ya he he he.http://www.emocutez.com Aku bikin beberapa model baru untuk bandonya. Masih ingatkan postingan yang sebelumnya tentang boneka flanel untuk aplikasi?, nah bonekanya aku aplikasikan ke bando, jadinya seperti foto-foto yang ada di bawah. Selain yang baru ada beberapa model yang dulu pernah kuposting hanya ada sedikit variasi terutama warnanya. Akhir-akhir ini aku sering bikin aksesoris karena permintaan pelanggan tapi aku senang mengerjakannya, sambil membayangkan gadis cilik yang manis jadi semakin manis pas make bando ini. Tapi sebenarnya aku gak cuma bikin kreasi untuk anak-anak lho.http://www.emocutez.com


Ngomongin bando dan semua kreasiku yang ada disini 100% handmade lho, namanya juga craft/kerajinan tangan ya. Jadi semuanya dibuat satu demi satu dengan penuh cinta (xi xi xi bahasanya....).http://www.emocutez.com Kalau bicara barang handmade yang pasti gak bisa disamain begitu aja dengan barang produksi pabrik, karena memang berbeda dari segi proses pembuatan, bahan, desain, kuantitas, peruntukan, pasarnya, dll. Barang handmade cendrung lebih unik dan mempunyai peruntukan nilai estetika/seni yang lebih kental. Walaupun fungsi yang ditawarkan barang-barang handmade kebanyakan sama dengan barang produksi pabrik seperti peralatan rumah tangga, berbagai barang dekorasi, mainan, aksesoris, peralatan sekolah, kain/pakaian, dll. Contohnya aja tentu kita lebih senang memberikan hadiah berupa barang yang unik dan handmade(malah kalau bisa buatan tangan sendiri)dari pada barang yang di pasar/toko/mall mana aja bisa dijumpai, kepada orang tercinta baik sebagai hadiah ulang tahun, tanda terima kasih atau untuk tujuan lain, atau bagi mereka pecinta seni tentu barang handmade juga bisa jadi pilihan yang menyenangkan.


Membuat kerajinantangan/craft butuh perjuangan yang besar lho.http://www.emocutez.com Para crafter harus mulai mikir dan bekerja dari tahap mencari imajinasi, menuangkan ide awal dalam bentuk sket/gambar bahkan mencoba langsung di bahan baku baik dalam hal fungsi, bentuk , komposisi warna, ketahanan barang, bahan yang akan digunakan, komposisi bahan, perlengkapan, harus mikir teknik pembuatan yang pas,jangka waktu pengerjaan, packing, sampai target pasar mana yang mau dituju, dan yang jelas proses ini semua dibaluri oleh jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi. Hal ini akan lebih terasa lagi bagi para crafter yang memproduksi kerajinan yang sifatnya sangat eksklusif, jadi jangan heran kalau beberapa hasil kerajinan tangan memiliki harga yang sangat tinggi karena memang untuk membuatnya sangatlah tidak mudah.http://www.emocutez.com


Tapi sayangnya berdasarkan pengalaman, banyak masyarakat kita yang belum mengerti tentang ini, jadi gak heran sewaktu beli/tawar menawar barang craft, contohnya aksesoris ada yang bilang "ihhh mahal amat, kalau aksesoris sih banyak di pasar murah-murah lagi, yang digelar dikaki lima seribuan juga dapet". Duh sedih rasanya, hasil kreatifitar dan kerja keras kita membuat barang yang unik dan cantik, disamain dengan barang seribuan.http://www.emocutez.com Bukan berarti aku mengatakan bahwa barang handmade harus mahal lho dan barang pabrikan murah atau murahan, karena banyak barang pabrikan yang harganya murah/mahal berkualitas baik dan banyak barang handmade yang ternyata lebih murah malah dengan kualitas dan desain yang baik pila. Banyak hal yang bisa mempengaruhi harga craft/kerajinantangan, bukan hanya komponen permintaan dan penawaran di pasar seperti halnya yang paling banyak mempengaruhi harga barang-barang produksi masal/pabrik. Tapi banyak juga masyarakat kita yang mau dan bahkan sangat menghargai hasil kreatifitas dan kerja keras para crafter, mereka memberikan apresiasi yang sangat tinggi, baik dalam bentuk membeli, mengkoleksi, ucapan(pujian, opini, saran, dan kritik yang membangun), bahkan ada yang sampai berminat mempelajari, dan ada juga yang sampai membantu menyediakan sarana dan prasarana bagi para crafter untuk lebih bisa mengembangkan kreatifitas dan usahanya. Nah orang-orang seperti inilah yang membesarkan hati para crafter untuk terus berkreatifitas dengan penuh cinta dan semangat.http://www.emocutez.comBanyak yang bilang kalau orang-orang luar negeri lebih mampu menghargai karya seni dan craft/kerajinan tangan, tapi menurutku masyarakat kita juga bisa seperti itu sepanjang mereka mengerti dan memahami apa itu sebenarnya barang seni dan handmade, karena sebenarnya dalam darah orang-orang Indonesia mengalir rasa seni yang tinggi, terbukti dari begitu beragam dan mengagumkannya seni budaya kita lho.
http://www.emocutez.com


Dalam hal ini aku juga gak bilang bahwa barang handmade mempunyai level yang yang lebih tinggi dari barang pabrikan, karena keduanya menurutku gak bisa dibandingkan begitu aja. Keduanya memiliki nilai dan fungsi yang penting dan tempat tersendiri dalam kehidupan kita. Semua tergantung dari selera, peruntukan, dan banyak hal lain yang mempengaruhi kita untuk membeli dan menggunakan barang handmade atau pabrikan, hak asasi kita sepenuhnya lho. Ini sekedar curahan hati seorang crafter, dengan harapan masyarakat, khususnya temen-temen yang udah berkunjung ke blogku ini bisa lebih mengerti dan memahami bagaimana kerjakeras yang diperlukan untuk membuat sebuah barang handmade, tidak hanya sekedar utak-atik bahan tapi juga ada cinta dan perasaan seni yang kuat didalamnya cieee cieee cieeee he he he, tapi ini bener lho, para crafter pasti paham kok. Untuk para crafter, atau yang sekedar hobi kerajinan tangan go go go, semangat selalu ya.http://www.emocutez.com


Udah dulu ya cerita-ceritanya, harus balik bikin-bikin craft lagi. Silahkan lihat foto-fotonya, dan jangan di copas untuk tujuan komersil ya, bukan pelit lho, hanya sekedar belajar untuk menghargai dan menghormati hasil karya cipta seseorang apapun bentuknya. Kalau ada yang mau nanya-nanya, memberikan saran dan kritik silahkan dikomen atau hubungi aku di halaman kontak ya. Terima kasih semuanya, dan selamat berkreasi juga.http://www.emocutez.com Love you all http://www.emocutez.com 


Nah ini dia bando-bando boneka flanelnya



Bando Lovely Kitty
Bando Lovely Butterfly
Bando Cute Spongebob
Bando Lovely Muslimah
Bando Cute Girl Doll
Bando Cute Shaun
Bando Sweet Strawberry
 

8 komentar:

  1. Mbak...bagi tutorialnya donkkkk...plissss..
    Coz, bandonya keren abis!
    Pingin buat nih untuk anakku tersayang :)
    Aku tunggu yaaaaa....makasiiiii...
    http://www.graciasstory.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. lucu-lucu bnggt sh...

    BalasHapus
  3. mba aku mau ujian praktik membuat bando dari kain flanel,tolong kirimin cara ,membuat bando muslimah,kalo susah.aku pingin yang gampang tapi menarik yah mba dan beserta gambarnya.makasih ats bantuannya.kirim ke e-mai saya Nuryati3AP2@gmail.com

    BalasHapus
  4. ih..lucu'-lucu banget .. www.redeliqa.blogspot.com

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...